Breaking News
Loading...
Jumat, 18 April 2014

Rusia ke Ukraina: Ingin Damai? Penuhi Empat Syarat

20.31
Konflik di Ukraina
REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Rusia bersedia mengendurkan tekanannya kepada Ukraina bila negara tetangganya itu ingin mendapatkan kedamaian.

Menteri Keuangan Rusia menyebutkan empat syarat yang harus dipenuhi Ukraina. Bila dipenuhi, Rusia berjanji akan memberikan bantuan keuangan kepada Ukraina. Namun tidak disebutkan apakah tawaran itu termasuk kedamaian menyeluruh bagi Ukraina di masa mendatang.

Syarat pertama adalah, Ukraina harus mengakui kemerdekaan Crimea, kedua Ukraina harus mengubah konstitusi, ketiga Ukraina harus meregulasi krisis di wilayah timur dan yang keempat menjamin hak-hak etnik Rusia di Ukraina.

"Jika Ukraina memenuhi syarat ini, maka Rusia akan berkenan mengusulkan langkah berikutnya untuk memberikan bantuan tambahan baik itu masalah keuangan atau gas," kata Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov di Washington usai bertemu koleganya dari Jerman.

Menurutnya, de-eskalasi ketegangan di Ukraina harus dilakukan dengan damai, berdasarkan aturan yang ada, "tanpa diskriminasi terhadap populasi etnik Rusia, tanpa korban dan pertumpahan darah," lanjut Siluanov dikutip dari Russia Today, Sabtu (12/4).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer